Rabu, 26 Maret 2008

KENANGAN KITA

I Tawarikh

”Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik!

Bahwa sanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya”

”Saya berhak atas diri anak saya” kata seorang ayah kepada seorang Polisi yang sedang mengintrogasinya karena terlibat kasus KDRT terhadap anak kandungnya sendiri. Ayah yang kejam ini membela dirinya karena merasa terpojok dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh petugas, sesekali dia meneriaki Polisi dengan mengatakan ”aku tidak bersalah”. Bagaimanapun juga anak yang telah mendapatkan perlakuan yang tidak wajar ini mempunyai kisah hidup yang tidak begitu baik yang membuatnya teringat hal-hal yang buruk saja mengenai ayah kandungnya sendiri.

Bacaan kita hari ini mewakili pendapat kita sebagai orang percaya kepada Tuhan yang mengatakan bahwa Tuhan itu baik dan sangat baik. Kebaikan Tuhan bisa terlihat dari limpahan berkat yang telah diberi-Nya kepada kita, mulai dari terciptanya kita menjadi seorang manusia yang hidup dalam kebaikan Tuhan. Bila kita memikirkan hal-hal yang telah kita jalani selama ini apakah semua tercapai karena kekuatan dan kepandaian kita semata? Bukankah semua pernah kita minta kepada Tuhan dalam Doa agar kita diberikan sesuatu yang indah? Semua yang kita dapatkan sekarang ini adalah sebuah tanggung jawab kita kepada Tuhan, kita telah memiliki dan harus memeliharanya dengan baik sampai pada akhirnya kita harus pertanggung jawabkan kembali kepada-Nya.

Kita memiliki Bapa yang selalu mengajarkan kita untuk melakukan hal yang terbaik kepada semua orang dengan menaruh Kasih di dalam segala perkara. Apakah perlakuan kita sudah menyenangkan orang lain? Terhadap keluarga, terhadap rekan, terhadap lingkungan Kampus atau bahkan terhadap diri kita sendiri? Jangan biarkan orang mengenang kita dalam kisah yang buruk, lakukanlah Hidup Yang Satya Wacana, maka orang-orang akan mengenang kita dalam kisah yang berbeda dengan mensyukuri atas apa yang pernah kita lakukan buat mereka-mereka yang telah mengenal kita.

Pokok Doa : Ajarilah kami Tuhan untuk setia kepada Firman-Mu agar ketika kami melakukan segala sesuatu, biarlah nama-Mu yang dibesarkan oleh semua orang-orang yang telah mengucap syukur atas kebaikan-Mu kepada kami

Oleh: Rocky Markiano Tarigan

Tidak ada komentar: