Senin, 06 Oktober 2008

Surat Terbuka Kepada :

Moderamen GBKP dan Tim Tata Gereja GBKP 2005-2015 melalui Redaksi Majalah Maranatha GBKP.

“Moderamen GBKP Tolong Luruskan masalah Tata Gereja tentang Konfesi GBKP atau Pengakuan Gereja GBKP. Mengapa begitu Berbeda Bunyi Tata Gereja Tahun 1995-2005 dan Tata Gereja Tahun 2005-2015 Tentang Konfesi atau Pengakuan Dasar GBKP.

Mohon Dibandingkan mana yang Terbaik Pengakuan Dasar (Konfesi) GBKP di

Tata Gereja tahun 1995-2005 atau di Tata Gereja Tahun 2005-2015”

Sebagai seorang Pendeta di Gereja GBKP ini ada banyak anggota Jemaat dan Pt/Dkn yang bertanya kepada Saya. Mengenai Konfesi atau Pengakuan dasar GBKP tersebut. Bagaimana yang sebenarnya.MOHON DIJELASKAN!! Saya secara pribadi sengaja Mengetengahkan hal ini.

Tata Gereja GBKP Tahun 1995-2005 di Halaman 80-81

Pengakuan Dasar GBKP

Pasal 1

Tentang Alkitab

Berbunyi:

a. Alkitab adalah Firman Allah yang tertulis dalam Perjanjian Lama dan Baru dan Oleh karena itu Alkitab adalah dasar Kehidupan Gereja dan Orang-orang Kristen

b.Yang menjadi inti kesaksian Alkitab adalah Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat (Mat.1:21;Yoh.3:16;Yoh1:1-14).

C. Oleh Karena itu Alkitab adalah Firnan Allah, maka Alkitab adalah dasar Pengajaran, nasihat dan penuntun tingkah laku orang Kristen (2 Tim.3:16)

D. Alkitab harus dipahami secara menyeluruh dan oleh karena itu dalam memahami Alkitab seorang tidak boleh memisahkan satu bagian dengan bagian lain (Mat.5:17-20)

E. Hanya Pertolongan Kuasa Rohulkudus seorang dapat memahami dan menghayati Firman Tuhan (Roma8:1-17; Ikorintus.2:10-11;1 Yohanes.4:1). Penghayatan tentang Firman Tuhan akan Memberikan buah dalam kehidupan sehari-hari (Galatia.5:21;Yakobus.2:14-16)

Pasal 2

Allah

a. Allah adalah yang menjadikan Langit dan Bumi dan segala isinya (Kej.1:1-31). Kita mengenal Allah melalui pemeliharaannya terhadap dunia dan kasihNya yang telah nyata dalam Tuhan Yesus Kristus (Yoh.3:16).

b.Yesus Kristus adalah Anak Allah yang Tunggal yang telah menyatakan pekerjaan Allah dan kehendakNya didalam dunia. Dialah yang menjadi penebus terhadap dosa kita melalui kematianNya, KebangkitanNya dan kenaikanNya ke Sorga.

c. Rohulkudus adalah Allah yang bekerja memimpin Gereja dan Orang-orang Kristen agar mereka tetap dalam pengajaran Yesus sampai kedatanganNya kembali.

d. Allah berkuasa memberikan anugrah kepada orang yang beriman dan Menghukum orang-orang jahat yang menentang Dia.

Tata Gereja GBKP Tahun 2005-2015 di Halaman 128.

Pengakuan Dasar (Konfesi) GBKP

Pasal 1

Allah

Allah adalah pencipta, pemelihara dan pengatur alam semesta dan isinya. Sehingga pengenalan anakNya, dengan bantuan Roh Kudus, adalah melalui ciptaannNya dan Alkitab yang berpusat pada kesaksian kasihNya dalam Yesus Kristus.

Pasal 3

Alkitab

a. Alkitab adalah salah satu bentuk dari kumpulan kesaksian tentang Allah yang Kontekstual yang dituliskan dengan bantuan Roh Kudus, dalam kumpulan tulisan yang dinamakan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

b. Inti kesaksian Alkitab adalah Kasih Allah yng tidak berkesudahan yang dimulai sejak di awal penciptaan Dunia hingga kelahiran, kematian, kebangkitan, kenaikan dan kedatangan Yesus kelak. Oleh karena itu, dengan bantuan Roh Kudus, Alkitab haruslah difungsikan sebagai dasar kehidupan Gereja, teologia dan manusia yang menyebut dirinya kristen. (Yoh.1:1-14;Fil.2:6-11)

Pertanyanan Saya adalah Mohon Penjelasan Tata Gereja GBKP 2005-2015 halaman 128 :

Pengakuan Dasar (Konfesi) GBKP.

Pasal 3 tentang AlKITAB yang berbunyi: a. Alkitab adalah salah satu bentuk dari kumpulan kesaksian tentang Allah yang kontekstual yang dituliskan dengan bantuan Roh Kudus, dalam Kumpulan tulisan yang dinamakan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru

Terus terang Saya kurang mengerti maksudnya kalimat ini : Alkitab adalah salah satu bentuk dari dst.......................................................................................................

Mohon di jelaskan secara rinci apakah ini Salah Cetak, atau memang begitu adanya biar Saya mengerti dan Paham bahwa Alkitab hanya salah satu bentuk kumpulan kesaksian tentang Allah! Sementara di Tata Gereja tahun 1995-2005 Berbunyi : Pasal 1 Poin a : Alkitab adalah Firman Allah yang tertulis dalam Perjanjian Lama dan Baru dan oleh karena itu Alkitab adalah Dasar kehidupan Gereja dan Orang-orang Kristen.

Sudah Jelas!! di Tata Gereja yang Tahun 2005-2015. Kata-kata atau kalimat Alkitab adalah “Firman Allah” SUDAH DIHILANGKAN atau DIGANTI!!! Terus terang hal ini bisa mengakibatkan setiap orang yang membacanya memiliki penafsiran atau pemahaman sendiri-sendiri. Hal ini tentunya berbahaya bagi Gereja GBKP dan Umat GBKP kedepannya. Mengapa kalimat “Firman Allah” di hilangkan??? Ada apa ini??? Apakah ini Konspirasi “Teologi Liberal“ yang mau Mengubah Pengakuan Dasar atau Konfesi Gereja-Gereja yang masih Percaya bahwa Alkitab yang terdiri dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah Firman Allah!!. Bisa saja hal ini Kepentingan Segelintir Orang atau sekelompok Orang demi tujuan tertentu!! Waspadalah dan Perlu kita Renungkan!!

Tata Gereja adalah UUD dalam GBKP, yang mengatur segala sesuatu perjalanan pelayanan GBKP baik kedalam maupun keluar. Konfesi GBKP adalah Pengakuan Dasar, jadi kalau pengakuan Dasarnya sudah tidak Benar atau Salah maka bisa saja mengakibatkan semuanya nantinya menjadi Salah juga. Sekali lagi mohon Penjelasan Moderamen dan Tim Tata Gereja yang membuat atau mengamandemen Tata Gereja yang lalu/sebelumnya (Tahun 1995-2005). Agar di Klarifikasi bila ada yang salah Kalimat, Salah ketik atau salah cetak, hendaknya Moderamen GBKP dan Tim Tata Gereja menghadirkan Ahli bahasa Indonesia (Mengangkat Tim Khusus untuk Mengkaji terlebih dahulu setiap Kalimat dalam tata Gereja secara mendalam sebelum di Cetak atau di terbitkan agar tidak Keliru dikemudian hari) untuk membuat satu kalimat/atau tiap kalimat di tata Gereja GBKP di masa Akan Datang agar tidak terjadi masalah seperti ini.Terus terang Hal ini saya sampaikan bukan karena Saya ahli bahasa Indonesia akan tetapi kerena ada Beberapa Pt Dkn, dan Jemaat GBKP yang bertanya kepada Saya tentang kalimat di Pasal 3 Tentang Alkitab (Pengakuan Dasar/Konfesi GBKP Tata Gereja GBKP tahun 2005-2015) ini. Dengan demikian Saya berpikir tidak ada salahnya hal ini saya kemukakan melalui Mj Maranatha atau Surat Terbuka kepada Moderamen GBKP.

NB : Sebenarnya masih banyak Kekeliruan atau hal-hal yang rancu di Tata Gereja GBKP tahun 2005-2015. Akan tetapi Saya hanya mau Mengingatkan Moderamen GBKP jangan main-main akan hal ini. Hal ini sangat Berbahaya bagi Gereja GBKP. Saya hanya mengritisi Konfesi atau Pengakuan Dasar GBKP tahun 2005-2015. Agar di kembalikan ke Tata Gereja Tahun 1995-2004. Yang Lebih Kristiani dan Alkitabiah!!

Pengirim Surat : Salatiga, 27 September 2008

Pdt Masada Sinukaban UKSW Salatiga.

PEMERHATI SOSIAL DAN PEDULI KEMANUSIAAN

KESAKTIAN PEDULI GENERASI INDONESIA.

Tuhan Yesus Memberkati AMEN

2 komentar:

dheta mengatakan...

mejuah-juah pendeta selamat berjuang terus demi kemajuan GBKP ta Tuhan Yesus Memeberkati
dari Pt.Arnol Raymond Ginting/Batam
hp:0813 642 48302
email : arnoldreymondginting@yahoo.com

permatasalatiga mengatakan...

ok sama-sama kita berjuang sahabat....